segala sesuatu yang ingin aku tulis

Selasa, 13 Desember 2011

RANCANGAN LAYANAN BIMBINGAN KOSELING SD

A.    Identifikasi Masalah
1.      Jason adalah seorang anak yang gifted ( anak cerdas istimewa), hal ini terlihat dari hasil tes IQ nya yaitu mencapai skor 144, Jason suka sangat pandai dalam mata pelajaran IPA dan bahasa inggris, Jason sangat percaya diri dan perfeksionis dalam tugas-tugas IPA dan bahasa inggris.
2.      Jason adalah seorang anak yang diskalkulia ( kesulitan dalam matematika), hal ini terlihat dari hasil belajar matematikanya tidak memuaskan, Jason merasa jawaban matematikanya keliru, Jason sering bertanya kepada gurunya, Pemahaman matematika Jason kurang baik, Jason juga sering frustasi ketika nilai matematikanya tidak memuaskan.
3.      Sebagian teman-teman di kelas Jason tidak menyukai Jason, mereka menjauhi Jason bahkan melakukan tindakan Bullying dikarenakan pada saat mata pelajaran IPA dan bahasa inggris Jason sering berbicara panjang lebar sehingga membuat teman-temannya jenuh, Jason juga akan menunjukkan dominasinya dalam tugas kelompok dan sulit menerima pekerjaan teman-temanya yang kurang baik. Dalam mata pelajaran matematika Jason sering frustasi dan melampiaskannya dengan menunjukkan wajah cemberut, duduk menyendiri, dan mengacak-acak rambutnya
4.      Akibatnya suasana di kelas menjadi tidak kondusif untuk belajar karena sebagian siswa merasa terganggu dengan tindakan bullying yang dilakukan oleh teman-teman mereka kepada Jason
B.     Latar Belakang
-          Jason tidak menyadari bahwa tindakannya seperti berbicara panjang lebar, menunjukkan dominasinya, serta sulit menerima hasil pekerjaan temannya yang dianggap kurang baik saat pelajaran IPA dan bahasa inggris membuat teman-temannya menjahui dan melakukan tindakan Bullying kepadanya
-          Jason juga tidak menyadari kalau tindakannya seperti menunjukkan wajah cemberut, duduk menyendiri, dan mengacak-acak rambutnya membuat teman-temannya menjauhinya
-          Teman-teman Jason tidak menyadari kalau tindakan bullying itu tidak baik
C.    Usaha Pencegahan
Usaha pencegahan masalah yang dihadapi di kelas 4 ini dapat menggunakan layanan preventif, yaitu melakukan pencegahan agar tindakan bullying tidak terjadi. Pencegahan ini dapat dilakukan oleh guru, kepala sekolah, maupun orang tua.
a.       Peran Guru
·         Bimbingan Individu
-          Guru memberikan pembinaan kepada Jason dengan cara memberikan kesempatan dan fasilitas belajar tambahan yang bersifat pendalaman, dapat diberikan dengan cara melakukakan percobaan dilaboratorium, menjawab soal-soal, maupun belajar diperpustakaan
-          Guru memperbolehkan Jason untuk naik kelas pada mata pelajaran IPA dan bahasa inggris atau menyelesaikan mata pelajaran tersebut dalam waktu yang lebih singkat. Hal ini bertujuan agar Jason tidak mudah bosan.
-          Guru dapat mengelompokkan Jason ke kelompok khusus yang berisi sejumlah anak berbakat istimewa untuk memperoleh pelajaran sesuai dengan kemampuannya agar tidak mengganggu teman-teman yang lain.
-          Guru harus menyesuaikan materi pembelajaran matematika sesuai dengan kemampuan Jason agar Jason tidak mengalami frustasi
-          Guru membicarakan dengan pihak-pihak yang terkait dalam memberikan bantuan tersebut.Pihak tersebut adalah kepala sekolah, orang tua siswa.
·         Bimbingan Kelompok
-          Guru harus menumbuhkan rasa percaya diri ( self esteem) setiap siswanya dengan baik. Karena jika anak mempunyai rasa percaya diri yang baik maka anak akan mempunyai pikiran yang positif, tingkah laku yang baik, dapat menghargai dirinya sendiri, bahkan dapat menghargai orang lain.
-          Guru memberikan pengertian kepada para siswa bahwa tindakan Bullying maupun tindakan menjauhi temannya merupakan tindakan yang tidak terpuji
-          Guru memberikan kasih sayang kepada seluruh siswa tanpa membeda-bedakan antara siswa yang satu dengan siswa yang lain.
-          Guru memberikan kesadaran bagi para siswa bahwa keamanan adalah hak milik semua orang
-          Guru harus membantu anak untuk mengeembangkan ketrampilan sosial untuk menghadapi bullying, baik sebagai sasaran atau sebagai bystander (saksi), dan bagaimana mencari bantuan jika mendapat perlakuan bullying.
D.    Usaha Pemecahan
Tindakan Bullying yang dialami oleh Jason sudah terjadi, oleh karena ini memerlukan layanan remedial untuk memperbaiki keadaan yang ada di kelas tersebut. Layanan remedial merupakan layanan yang tepat, yaitu memberikan kepada siswa yang menjadi korban Bullying yaitu Jason dan kepada siswa yang melukan bullying, maupun siswa yang tidak melakukan bullying.
a.       Peran Guru
1.      Bimbingan Individu
-    Untuk Jason, Guru harus memberikan bimbingan belajar khusus pada mata pelajaran yang lemah untuknya yaitu matematika.
-    Guru memberikan remedial untuk mata pelajaran matematika
-    Guru memberikan motivasi belajar khususnya mata belajar matematika, agar tidak mudah menyerah dalam belajar
-    Guru memberi pengarahan kepada Jason agar merubah sikapnya yang selalu mendominasi dalam tugas kelompok, tidak menerima pekerjaan temannya yang dianggap salah, dan berbicara panjang lebar dalam pelajaran IPA dan bahasa inggris agar temannya tidak benci kepadanya.
-    Melakukan kunjungan ke rumah Jason sambil membicarakan masalah yang dialami Jason dengan orang tuanya
-    Guru memanggil teman-teman Jason yang melakukan bullying kepada Jason, dan memberikan pengarahan bahwa tindakan bullying tidak pantas dilakukan dan dapat merugikan orang lain
2.      Bimbingan Kelompok
-       Membahasa secara umum masalah bullying di dalam kelas dan meminta pendapat dari para siswa berkenaan dengan masalah tersebut
-       Memberikan nasihat kepada siswa-siswa yang lain kalau tindakan menjauhi teman dan melakukan tindakan bullying tidak patut untuk ditiru
-       Guru melakukan diskusi kelompok membahas permasalahan yang ada, siswa diajak mencari jalan keluar masalah tersebut
-       Guru melakukan pendekatan kepada seluruh siswa dikelas, dan memberikan perhatian yang sama agar siswa merasa tidak dibeda-bedakan oleh gurunya.
b.      Peran Orang tua
Orang tua siswa secara keseluruhan :
-          Membatasi anak melihat tayangan televisi, karena biasanya anak-anak akan meniru adegan-adegan yang disiarkan
-          Orang tua harus memberikan contoh kepada anaknya tentang mengenali emosi yang dialaminya
-          Orang tua mengajarkan anak agar terbiasa mengungkapkan emosi yang ada di dalam dirinya
-          Memberikan pengertian bahwa tindakan bullying tidak baik dan tidak boleh ditiru
Orang tua Jason :
-          Orang tua Jason berdiskusi dengan gurunya tentang masalah yang dihadapi Jason disekolah
-          Orang tua Jason harus mendukung proses belajar Jason dirumah dalam mata pelajaran matematika melalui aktifitas sehari-hari Jason
-          Orang tua Jason menyediakan alat bantu pemebelajaran matematika Jason di rumah
-          Orang tua dpat mencari ke lembaga yang memliki program khusus untuk anak gifted untuk meminta bantuan
-          Orang tua Jason menciptakan suasana yang hangat dirumah,dan menyediakan permainan-permainan yang edukatif serta komunikatif
c.       Peran Kepala Sekolah
-          Ketika upacara bendera hari senin, kepala sekolah baiknya selalu mengingatkan agar setiap siswa saling menghargai satu dengan yang lainnya.
-          Kepala sekolah bersama dengan pihak terkait membuat peraturan dan tata tertib yang ketat kepada peserta didik untuk mengatur kehidupan siswa sehari-hari di sekolah.
-          Jika diperlukan, kepala sekolah dapat memanggil orang tua Jason, orang tua siswa yang melakukan bullying dan guru kelas yang bersangkutan untuk mencari solusi masalah tersebut
E.     Tindak Lanjut
-          Melakukan observasi apakah siswa masih melakukan tindakan bullying kepada Jason apa tidak
-          Melakukan wawancara dengan orang tua Jason dengan orang tua siswa yang melakukan Bullying tentang ada atau tidaknya perubahan setelah bimbingan
-          Melihat hasil belajar Jason dalam mata pelajaran matematika
-          Melakukan wawancara langsung kepada Jason,siswa yang dulu melakukan tindakan bullying, serta siswa yang merasa terganggu dengan tindakan bullying yang dilakukan oleh temannya



Disusun Oleh :
Elisabeth Bertha K                  101134073 IID
Muchlis Wicaksono                 101134160 IID
Ida Dwi Kusumawati               101134203 IID


PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SANATA DHARMA
YOGYAKARTA
2011