A.
Identifikasi
Masalah
1.
Jason
adalah seorang anak yang gifted ( anak cerdas istimewa), hal ini terlihat dari
hasil tes IQ nya yaitu mencapai skor 144, Jason suka sangat pandai dalam mata
pelajaran IPA dan bahasa inggris, Jason sangat percaya diri dan perfeksionis
dalam tugas-tugas IPA dan bahasa inggris.
2.
Jason
adalah seorang anak yang diskalkulia ( kesulitan dalam matematika), hal ini
terlihat dari hasil belajar matematikanya tidak memuaskan, Jason merasa jawaban
matematikanya keliru, Jason sering bertanya kepada gurunya, Pemahaman
matematika Jason kurang baik, Jason juga sering frustasi ketika nilai
matematikanya tidak memuaskan.
3.
Sebagian
teman-teman di kelas Jason tidak menyukai Jason, mereka menjauhi Jason bahkan
melakukan tindakan Bullying dikarenakan pada saat mata pelajaran IPA dan bahasa
inggris Jason sering berbicara panjang lebar sehingga membuat teman-temannya
jenuh, Jason juga akan menunjukkan dominasinya dalam tugas kelompok dan sulit
menerima pekerjaan teman-temanya yang kurang baik. Dalam mata pelajaran
matematika Jason sering frustasi dan melampiaskannya dengan menunjukkan wajah
cemberut, duduk menyendiri, dan mengacak-acak rambutnya
4.
Akibatnya
suasana di kelas menjadi tidak kondusif untuk belajar karena sebagian siswa
merasa terganggu dengan tindakan bullying yang dilakukan oleh teman-teman
mereka kepada Jason
B.
Latar Belakang
-
Jason
tidak menyadari bahwa tindakannya seperti berbicara panjang lebar, menunjukkan
dominasinya, serta sulit menerima hasil pekerjaan temannya yang dianggap kurang
baik saat pelajaran IPA dan bahasa inggris membuat teman-temannya menjahui dan
melakukan tindakan Bullying kepadanya
-
Jason
juga tidak menyadari kalau tindakannya seperti menunjukkan wajah cemberut,
duduk menyendiri, dan mengacak-acak rambutnya membuat teman-temannya
menjauhinya
-
Teman-teman
Jason tidak menyadari kalau tindakan bullying itu tidak baik
C.
Usaha Pencegahan
Usaha pencegahan
masalah yang dihadapi di kelas 4 ini dapat menggunakan layanan preventif, yaitu
melakukan pencegahan agar tindakan bullying tidak terjadi. Pencegahan ini dapat
dilakukan oleh guru, kepala sekolah, maupun orang tua.
a.
Peran
Guru
·
Bimbingan
Individu
-
Guru
memberikan pembinaan kepada Jason dengan cara memberikan kesempatan dan
fasilitas belajar tambahan yang bersifat pendalaman, dapat diberikan dengan
cara melakukakan percobaan dilaboratorium, menjawab soal-soal, maupun belajar
diperpustakaan
-
Guru
memperbolehkan Jason untuk naik kelas pada mata pelajaran IPA dan bahasa
inggris atau menyelesaikan mata pelajaran tersebut dalam waktu yang lebih
singkat. Hal ini bertujuan agar Jason tidak mudah bosan.
-
Guru
dapat mengelompokkan Jason ke kelompok khusus yang berisi sejumlah anak
berbakat istimewa untuk memperoleh pelajaran sesuai dengan kemampuannya agar
tidak mengganggu teman-teman yang lain.
-
Guru
harus menyesuaikan materi pembelajaran matematika sesuai dengan kemampuan Jason
agar Jason tidak mengalami frustasi
-
Guru
membicarakan dengan pihak-pihak yang terkait dalam memberikan bantuan
tersebut.Pihak tersebut adalah kepala sekolah, orang tua siswa.
·
Bimbingan
Kelompok
-
Guru
harus menumbuhkan rasa percaya diri ( self esteem) setiap siswanya dengan baik.
Karena jika anak mempunyai rasa percaya diri yang baik maka anak akan mempunyai
pikiran yang positif, tingkah laku yang baik, dapat menghargai dirinya sendiri,
bahkan dapat menghargai orang lain.
-
Guru
memberikan pengertian kepada para siswa bahwa tindakan Bullying maupun tindakan
menjauhi temannya merupakan tindakan yang tidak terpuji
-
Guru
memberikan kasih sayang kepada seluruh siswa tanpa membeda-bedakan antara siswa
yang satu dengan siswa yang lain.
-
Guru
memberikan kesadaran bagi para siswa bahwa keamanan adalah hak milik semua
orang
-
Guru
harus membantu anak untuk mengeembangkan
ketrampilan sosial untuk menghadapi bullying, baik sebagai sasaran atau sebagai
bystander (saksi), dan bagaimana mencari bantuan jika mendapat perlakuan
bullying.
D.
Usaha Pemecahan
Tindakan
Bullying yang dialami oleh Jason sudah terjadi, oleh karena ini memerlukan
layanan remedial untuk memperbaiki keadaan yang ada di kelas tersebut. Layanan
remedial merupakan layanan yang tepat, yaitu memberikan kepada siswa yang
menjadi korban Bullying yaitu Jason dan kepada siswa yang melukan bullying, maupun
siswa yang tidak melakukan bullying.
a.
Peran
Guru
1.
Bimbingan
Individu
- Untuk Jason,
Guru harus memberikan bimbingan belajar khusus pada mata pelajaran yang lemah
untuknya yaitu matematika.
- Guru memberikan
remedial untuk mata pelajaran matematika
- Guru memberikan
motivasi belajar khususnya mata belajar matematika, agar tidak mudah menyerah
dalam belajar
- Guru memberi
pengarahan kepada Jason agar merubah sikapnya yang selalu mendominasi dalam
tugas kelompok, tidak menerima pekerjaan temannya yang dianggap salah, dan
berbicara panjang lebar dalam pelajaran IPA dan bahasa inggris agar temannya
tidak benci kepadanya.
- Melakukan
kunjungan ke rumah Jason sambil membicarakan masalah yang dialami Jason dengan
orang tuanya
- Guru memanggil
teman-teman Jason yang melakukan bullying kepada Jason, dan memberikan
pengarahan bahwa tindakan bullying tidak pantas dilakukan dan dapat merugikan
orang lain
2.
Bimbingan
Kelompok
-
Membahasa
secara umum masalah bullying di dalam kelas dan meminta pendapat dari para
siswa berkenaan dengan masalah tersebut
-
Memberikan
nasihat kepada siswa-siswa yang lain kalau tindakan menjauhi teman dan
melakukan tindakan bullying tidak patut untuk ditiru
-
Guru
melakukan diskusi kelompok membahas permasalahan yang ada, siswa diajak mencari
jalan keluar masalah tersebut
-
Guru
melakukan pendekatan kepada seluruh siswa dikelas, dan memberikan perhatian
yang sama agar siswa merasa tidak dibeda-bedakan oleh gurunya.
b.
Peran
Orang tua
Orang tua siswa secara keseluruhan :
-
Membatasi
anak melihat tayangan televisi, karena biasanya anak-anak akan meniru
adegan-adegan yang disiarkan
-
Orang
tua harus memberikan contoh kepada anaknya tentang mengenali emosi yang
dialaminya
-
Orang
tua mengajarkan anak agar terbiasa mengungkapkan emosi yang ada di dalam
dirinya
-
Memberikan
pengertian bahwa tindakan bullying tidak baik dan tidak boleh ditiru
Orang tua Jason :
-
Orang
tua Jason berdiskusi dengan gurunya tentang masalah yang dihadapi Jason
disekolah
-
Orang
tua Jason harus mendukung proses belajar Jason dirumah dalam mata pelajaran
matematika melalui aktifitas sehari-hari Jason
-
Orang
tua Jason menyediakan alat bantu pemebelajaran matematika Jason di rumah
-
Orang
tua dpat mencari ke lembaga yang memliki program khusus untuk anak gifted untuk
meminta bantuan
-
Orang
tua Jason menciptakan suasana yang hangat dirumah,dan menyediakan
permainan-permainan yang edukatif serta komunikatif
c.
Peran
Kepala Sekolah
-
Ketika
upacara bendera hari senin, kepala sekolah baiknya selalu mengingatkan agar
setiap siswa saling menghargai satu dengan yang lainnya.
-
Kepala sekolah bersama dengan pihak terkait membuat peraturan dan tata tertib yang ketat kepada peserta
didik untuk mengatur kehidupan siswa sehari-hari di sekolah.
-
Jika diperlukan,
kepala sekolah dapat memanggil orang tua Jason, orang tua siswa yang melakukan
bullying dan guru kelas yang bersangkutan untuk mencari solusi masalah tersebut
E.
Tindak Lanjut
-
Melakukan
observasi apakah siswa masih melakukan tindakan bullying kepada Jason apa tidak
-
Melakukan
wawancara dengan orang tua Jason dengan orang tua siswa yang melakukan Bullying
tentang ada atau tidaknya perubahan setelah bimbingan
-
Melihat hasil
belajar Jason dalam mata pelajaran matematika
-
Melakukan wawancara
langsung kepada Jason,siswa yang dulu melakukan tindakan bullying, serta siswa
yang merasa terganggu dengan tindakan bullying yang dilakukan oleh temannya
Disusun Oleh :
Elisabeth
Bertha K 101134073 IID
Muchlis
Wicaksono 101134160 IID
Ida
Dwi Kusumawati 101134203
IID
PENDIDIKAN GURU
SEKOLAH DASAR
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
SANATA DHARMA
YOGYAKARTA
2011