segala sesuatu yang ingin aku tulis

Selasa, 13 Desember 2011

PERSOALAN EKONOMI MODERN


1.      Barang dan jasa apa yang harus diproduksi dan berapa banyaknya?
Jawab :
pelaku ekonomi memproduksi barang/jasa tidak untuk dikonsumsi sendiri, melainkan dijual kepada orang lain sebagai pelanggan. Tanpa mengetahui kebutuhan pelanggan, barang yang diproduksi tidak akan terjual. Maka barang dan jasa yang harus diproduksi disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.
Barang yang akan diproduksi tidak dapat diputuskan sendiri oleh perusahaan yang akan memproduksinya, melainkan sangat ditentukan oleh jutaan pengambil keputusan yang independen, baik oleh para konsumen atau perusahaanperusahaan yang akan memanfaatkan barang/jasa tersebut. Jika perusahaan berkeyakinan calon pemakai barang/jasa akan mau dan mampu membeli. Jadi , jumlah barang dan jasa yang akan diproduksi juga tergantung kebutuhan konsumen.

2.      Dengan metode apa barangg dan jasa itu dihasilkan ?
Jawab :
Metode yang digunakan adalah penggunaan metode produksi atau teknologi yang paling efisien, artinya yang dapat menghasilkan suatu barang dan jasa dengan pengorbanan (atau biaya) yang paling rendah. Ilmu ekonomi memandang teknologi sebagai faktor penting dalam proses produksi. Namun, masih banyak faktor penting yang harus diper-timbangkan, seperti skala produksi, kemampuan manajerial, iklim, kemampuan finansial, dan sikap mental.
3.      Bagaimana pendistribusian barangg atau jasa yang dihasilkan kepada masyarakat ?
Jawab :
Cara Distribusi Barang dan Jasa (For Whom). For Whom adalah pemilihan kelompok masyarakat yang harus menikmati barang dan jasa yang dihasilkan. For Whom menunjukkan persoalan yang dihadapi oleh setiap sistem ekonomi yang berkaitan denagn pertanyaan untuk siapa sebenarnya barang dan jasa diproduksikan? Artinya, setiap sistem ekonomi harus dapat menjawab persoalan mengenai kelompok masyarakat mana yang harus menikmati barang atau jasa yang dihasilkan oleh perekonomian suatu negara. Jadi sebenarnya persoalan for whom juga berkaitan dengan cara distribusi barang dan jasa yang dihasilkan negara.
4.      Apakah sumber daya bangsa dimanfaatkan sepenuhnya atau apakah sebagian tidak dimanfaatkan dan terbuang percuma ?
Jawab :
Menurut pendapat saya sumber daya yang ada dibangsa kita ini belum dapat dimanfaatkan sepenuhnya karena sebenarnya Negara kita ini kaya akan sumber daya, namun karena kita belum mampu mengolahnya dengan tangan kita sendiri maka masih banyak rakyat Indonesia yang miskin , pengangguran dan lain – lain
5.      Apakah daya beli turun dan tabungan konstan atau berkurang karena inflasi ?
Jawab :
Inflasi merupakan kenaikan harga barang yang terus menerus salah satu sebabnya yaitu peredaran uang  yang semakin meningkat sedangakan nilai mata uang semakin turun,  hal inimenyebabkan pendapatan seseorang turun dan daya beli akan turun juga.

IDA DWI KUSUMAWATI
101134203
IID