segala sesuatu yang ingin aku tulis

Jumat, 18 November 2011

merawat burung nuri? gimana ya?

Merawat Burung Nuri Kepala Hitam
Burung Nuri kepala hitam berasal dari Irian Jaya dan termasuk hewan yang dilindungi. Nuri kepala hitam banyak dicari karena kecerdasannya. Burung ini dapat berbicara layaknya beo dan kakatua kecil jambul kuning. Mereka dapat meniru suara-suara yang berada disekitarnya.

Merawat burung Nuri kepala hitam umumnya sama dengan jenis nuri lain. Hanya saja pakan merupakan faktor yang penting sebab berhubungan dengan kesehatan, pertumbuhan, dan perkembangbiakan. Dihabitat aslinya burung ini hidup dengan memakan buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Pakan yang baik adalah yang mengandung protein nabati tinggi. Kedelai mangandung gizi tinggi dan mudah dicerna. Setiap hari dapat diberikan dalam bentuk kedelai rebus atau susu kedelai. Kelebihan susu ialah kotoran burung akan lebih bersih namun waktu basinya harus tetap dijaga.
Untuk kandang burung pilihlah sangkar yang terbuat dari rangka besi. kandang yang terbuat dari kayu tidak cukup kuat untuk menahan patukan burung sejenis nuri. Perlu diingat juga untuk membersihkan kandang tersebut secara rutin.
Hal terakhir yang perlu dilakukan adalah dengan rutin memandikan burung nuri. Memandikannya dapat dilakukan dengan menggunakan alat semprot atau dengan menyemburkan air melalui mulut kita. Dapat juga dengan menaruh wadah berisi air didalam kandang jadi burung akan menenggalamkan tubuhnya sendiri. Perhatikan juga kondisi cuaca
Burung nuri kepala hitam dapat menirukan suara dari sekitarnya. Melatihnya dapat menggunakan alat rekaman dengan menyebutkan tidak lebih dari dua kata secara berulang-ulang. Syair lagu pun dapat ditirunya asalkan diajar kata demi kata.